Perpustakaan Nasional RI Gandeng STKIP PGRI Sumatera Barat Gelar Kegiatan Safari Gerakan Nasional Budaya Membaca

Unakerhum: Bertempat di Aula Gedung STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) bekerjasama dengan STKIP PGRI Sumatera Barat menggelar kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2018 dengan tema "Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan Dalam Rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat", Selasa, 6 November 2018. Kegiatan dihadiri oleh Walikota kota Padang, H.  Mahyeldi Ansyarullah,  S.P.

Dalam sambutan Ia menyampaikan bahwa budaya membaca harus terus ditumbuh kembangkan. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong dan meningkatkan budaya membaca di kalangan masyarakat agar memiliki semangat membaca guna mencerdaskan dan menambah pengetahuan masyarakat sehingga mampu menjadi manusia yang cerdas. "Budaya membaca itu penting dalam rangka menambah ilmu. Kita berharap dengan  kegiatan ini masyarakat semakin semangat dan berminat untuk membaca" ujarnya. "Saya berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan membaca sebagai suatu hal yang penting guna mengembangkan, membina dan membudayakan minat dan kebiasaan membaca". Lebih jauh ia mengatakan, mengembangkan budaya membaca masyarakat merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan yaitu dengan memperbanyak buku-buku perpustakaan dan juga mensosialisasikan/ memberikannya kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pengkajian dan Pemasyarakatan perpustakaan RI, Dra.  Lucya Damayanti,  M. Hum  menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan kita terhadap program yang digaungkan oleh pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang berbudaya baca. “Mari kita terus bersinergi untuk meningkatkan budaya membaca agar menambah pengetahuan dan menjadi manusia yang cerdas,  maju dan berkarakter” imbuhnya.

Ketua yayasan, Dasrizal dalam sambutan menyampaikan ucapan terimakasih kepada H. Endre Saifoel, anggota komisi X DPR RI yang sudah memperhatikan dan begitu konsen untuk mendorong agar PTS di seluruh Indonesia khususnya di Sumbar juga saling berkejar dan sejajar dengan PTN yang ada di Sumatera Barat sehingga masyarakat punya mindset yang sama terhadap PTN dan PTS. “STKIP PGRI Sumatera Barat merupakan Perguruan Tinggi Swasta LPTK dari 250 PT yang tersebar di Kopertis X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)” ujarnya. Ia menambahkan “Hasil penilaian Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) menyatakan bahwa STKIP PGRI Sumatera Barat merupakan salah satu PT terbaik yang ada di Kopertis X”.

Kegiatan diikuti oleh Walikota Padang,  Mahyeldi Ansyarullah,  Anggota Komisi X DPR RI,  H. Endre Saifoel,  Kepala Perpustakaan RI beserta rombongan,  Ketua yayasan, Dasrizal,  Pimpinan STKIP PGRI Sumbar, Pengelola Perpustakaan dan Ruang Baca STKIP PGRI Sumbar, Dosen dan Mahasiswa perwakilan dari masing-masing PTN/PTS, kalangan masayarakat dan tamu undangan lainnya.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved