STKIP PGRI Sumatera Barat Gelar Coaching Article Publication Jurnal Internasional

Unakerhum: STKIP PGRI Sumatera Barat terus berupaya mendorong seluruh dosen untuk semakin produktif melakukan penelitian dan menulis jurnal internasional. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar Coaching Article Publication Jurnal Internasional Ter Indeks Scopus  dengan mendatangkan Nara Sumber Prof. Dr.  Ir.  Yunuarsyah Haroen, Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Sabtu (16/2) yang bertempat di Aula Gedung D STKIP PGRI Sumatera Barat, Jl. Gunung Pangilun Padang. Kegiatan dibuka oleh Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Ibu Dr. Zusmelia, M. Si dan diikuti sebanyak 45 orang dosen peneliti di lingkungan STKIP PGRI Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Ia mengatakan, karena kampus STKIP PGRI Sumatera Barat merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada pada Claster Utama dalam Bidang Penelitian dari 250 PTS yang ada di Indonesia, maka kampus  akan selalu mendorong peningkatan publikasi internasional dosen-dosennya dengan memfasilitasi para dosen melalui berbagai kegiatan, salah satunya dengan Pelatihan. Ia berharap, adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta tentang menulis artikel internasional bereputasi. "Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menambah pemahaman peserta, sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulisnya agar bisa publish dijurnal internasional bereputasi terindeks scopus, " katanya. “Semoga kegiatan yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan kualifikasi diri dan kinerja dosen dalam bidang penelitian serta kenaikan jabatan fungsional dan kepangkatan dosen secara berkelanjutan” ungkapnya.

Sementara itu,  Ketua pelaksana sekaligus Kepala UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat, Villia Anggraini menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh UP3M. Kali pertama dilaksanakan pada tahun 2017 lalu. Kegiatan ini juga merupakan  kebijakan kampus STKIP PGRI Sumatera Barat yang mewajibkan peneliti untuk publish di jurnal Internasional bereputasi atau terakreditasi,  namun yang ditargetkan belum tercapai maksimal. " Untuk dapat menembus jurnal internasional bereputasi, STKIP PGRI Sumatera Barat telah menggelar sejumlah pelatihan penulisan jurnal internasional dan couching Artikel, " katanya.  "Menulis di jurnal internasional bereputasi atau terakreditasi merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh peneliti dan menjadi salah satu bahan pertimbangan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dalam penilaian terhadap karya tulis ilmiah dosen yang dipublikasikan dalam jurnal internasional, yang juga menjadi pertimbangan untuk kelayakan dalam kenaikan pangkat, golongan dan lainnya," katanya.

 

 

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved