Tingkatkan Publikasi Karya Ilmiah Bereputasi Internasional: STKIP PGRI Sumatera Barat Gelar Coaching Clinic

Unakerhum: STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) mendorong para dosen untuk mempublikasikan karya ilmiahnya dalam jurnal Internasional bereputasi dan jurnal Nasional Terakreditasi serta membimbing para dosen dalam menulis karya ilmiah yang baik dan benar. Menyikapi hal itu, Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (UP3M) STKIP PGRI Sumbar yang dikepalai oleh Villia Anggraini mengadakan Coaching Clinic Publikasi Artikel Ilmiah pada Jumat (6/7) di Aula Gedung STKIP PGRI Sumbar.

“Acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan publikasi karya ilmiah dosen di lingkungan STKIP PGRI Sumbar dan kita mendampingi para dosen dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar untuk nantinya dipublikasi di jurnal ilmiah yang bereputasi,” ujar Wakil Ketua I Bidang Akademik STKIP PGRI Sumbar, Sri Imelwaty.

Dia menambahkan, mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memotivasi dosen untuk meningkatkan publikasi Artikel Ilmiahnya di jurnal Internasional bereputasi dan Jurnal Nasional Terakreditasi. Dia juga berharap, selain bisa menulis jurnal ilmiah yang baik dan benar, para dosen juga mampu menciptakan inovasi baru sehingga penelitiannya berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak terutama untuk kampus STKIP PGRI Sumbar. 

 

Kegiatan ini menghadirkan Handoyo Puji Widodo,  Ph. D, Associate Professor,  Shantou university sebagai narasumber. Handoyo menjelaskan dan menjelaskan secara detail cara menulis praktis dan substansi isi dari sebuah artikel ilmiah untuk publikasi internasional. Mulai dari penentuan judul, afiliasi institusi, abstrak, introduction sampai referensi harus mengikuti tata penulisan Jurnal Internasional secara umum.

“Sering sekali penulis melewatkan hal-hal sederhana dalam tata cara penulisan yang berakibat ditolaknya tulisan tersebut oleh penerbit atau editor jurnal,” jelas Handoyo. Oleh Karena itu,  Handoyo menekankan supaya setiap penulis mengikuti pedoman yang ditentukan oleh setiap jurnal. 

Kegiatan ini di ikuti oleh pimpinan institusi, seluruh peneliti/ dosen STKIP PGRI Sumbar serta dosen dari Perguruan Tinggi Swasta lainnya. 

 

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved