DRPM Direktorat Kemenristek Dikti dan STKIP PGRI Sumatera Barat Bersinergi Gelar Workshop

Unakerhum: STKIP PGRI Sumatera Barat  tiada henti untuk terus maju dalam meningkatkan kualitas penelitian. Setelah sukses melaksanakan workshop penelitian dan pengabdian Masyarakat kerjasama antara Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Kemenristek Dikti dengan STKIP PGRI Sumatera Barat Pada April 2018. Untuk yang kedua kalinya, STKIP PGRI Sumatera Barat masih dipercaya oleh DRPM kemenristek Dikti untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Output Penelitian Skema PP,  PT,  PTUPT,  PPUPT,  dan KRU-PT ( Program Riset Terapan)  Tahun 2019 di Perguruan Tinggi yang dihelat di Aula Hotel Pangeran Beach, Jl. Ir. H. Juanda, Padang pada Kamis- Jumat (28/02 – 01/03). Kegiatan Workshop dibuka langsung oleh ketua yayasan Pendidikan PGRI Padang, Drs.  H.  Dasrizal,  M. P. 

Dalam sambutan,  Kasubdit Riset Terapan Kemenristek Dikti, Dra.  Victoriana Suhartini menyampaikan apresiasi atas kinerja STKIP PGRI Sumatera Barat dan selalu aktif dalam beberapa hal terutama dalam peningkatan mutu dan kualitas Perguruan Tinggi sehingga sudah berada pada klaster utama dalam bidang penelitian semenjak tahun 2016 sampai sekarang, serta menjadi satu-satunya PTS di wilayah X yang berada pada klaster utama. "Capaian yang diraih STKIP PGRI Sumatera Barat ini merupakan bukti kinerja  pimpinan kampus yang ditularkan kepada dosen-dosennya" tuturnya. "Mudah-mudahan, peningkatan dan kemajuan yang ditunjukkan  STKIP PGRI Sumatera Barat mampu menjadikan kampus ini naik klaster pada Klaster Mandiri serta dalam waktu dekat bisa berubah bentuk menjadi Universitas" harapnya. Ia juga menuturkan ucapan terima kasih kepada STKIP PGRI Sumatera Barat yang selalu bersedia menjadi mitra dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh DRPM Kemenristek Dikti.

Ketua yayasan, Dasrizal menuturkan ucapan terima kasih kepada DRPM Kemenristek Dikti yang selalu mempercayai STKIP PGRI Sumatera Barat untuk mendampingi DRPM menyelenggarakan kegiatan terutama dalam bidang Riset. "Ini bukti bahwa kampus STKIP PGRI Sumatera Barat terus berupaya untuk menjadi yang lebih baik dalam hal kualitas dengan selalu menunjukkan peningkatan dan kemajuan. Hal itu ditandai dengan beradanya STKIP PGRI Sumatera Barat pada klaster utama dalam bidang penelitian" ujarnya. "Dengan kinerja yang selalu ditunjukkan STKIP PGRI Sumatera Barat, mudah-mudahan mampu menjadikan STKIP PGRI Sumatera Barat menjadi PTS yang sejajar dengan PTN lain yang berada di klaster Mandiri dalam bidang penelitian" harapnya. "Pihak yayasan selalu mendukung setiap kebijakan pimpinan kampus dalam mendorong dosen-dosennya untuk giat meneliti, bahkan bagi dosen peneliti yang tidak lolos proposal penelitian pendanaan DRPM Kemenristek Dikti, maka pihak yayasan yang mendanainya, dan itu sudah dilakukan setiap tahunnya" ungkapnya.

"Terima kasih atas amanah yang diberikan Kasubdit DRPM Kemenristek Dikti yang telah memberi kepercayaan kepada STKIP PGRI Sumatera Barat untuk mengelola kegiatan ini untuk yang kedua kalinya"  tutur ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Ibu Dr.  ZusmeLia, M. Si dalam sambutannya. "Bahkan, dalam waktu yang berdekatan, pada tanggal 19-20 Maret DRPM Kemenristek Dikti juga memberikan kepercayaan kepada STKIP PGRI Sumatera Barat untuk mendampingi DRPM dalam melaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen Pemula (PDP)," tambahnya. "Budaya riset yang sudah menjadi kebiasaan di STKIP PGRI Sumatera Barat, sudah membuahkan hasil yang sangat baik.  Hal itu ditandai dengan telah dihasilkannya banyak buku teks/buku ajar ber-ISBN,  dan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional, " ungkapnya.  "Bahkan buah dari semua itu,  kemaren, selasa (26/2) sebanyak 12 tim dosen Peneliti mendapatkan insentif luaran tambahan dari DRPM Kemenristek Dikti" tutupnya. 

Villia Anggraini,  Kepala UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat menyampaikan bahwa workshop yang berlangsung selama dua hari, tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2019 ini diikuti sebanyak 58 peserta yang berasal dari PTN/PTS yang ditetapkan oleh DRPM Kemenristek Dikti. "Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan ini bermanfaat untuk seluruh peserta dan mampu meningkatkan pemahaman peserta tentang peranan KI,  kebijakan dibidang KI dan HKI, serta Patentabilitas" ucapnya.  

Workshop yang diadakan ini menghadirkan lima narasumber yakni Prof. Dr. Mohammad Nasikin, Guru Besar Universitas Indonesia, memberikan materi tentang Success Story Industrialisasi Hasil Penelitian, kemudian Bapak Juldin Bahriansyah, S.T, M. Si dari Kemenkumham HKI, memberikan materi tentang HKl dan pengenalan Sistem KI dan e-filling. Bapak Nurul Taufiqurrahman menyampaikan materi tentang Patentabilitas dan identifikasi invensi. Selanjutnya Bapak Ir. Razilu, M. Si, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kemenkumham materinya tentang Peranan HKI dalam mendukung Pembangunan Nasional, serta Bapak Prof. Dr.  Techn Suyitno materi tentang Praktek Teknik Penelusuran Paten dan Prosedur Pendaftaran KI. 

 

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved