STKIP PGRI SUMBAR GELAR KULIAH UMUM SEKALIGUS NOBAR FILM G 30 S/PKI DI STKIP PGRI CONVENTION CENTRE (SCC)

Unakerhum: Seluruh pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat dan Ketua yayasan, Drs. H. Dasrizal, MP menggelar Nonton Bareng bersama Civitas Akademika di Gedung STKIP PGRI Convention Centre (SCC), Sabtu (30/9) pukul 09.00 WIB. Nonton Bareng dihadiri oleh sebanyak lebih kurang 1300 orang yang terdiri dari Pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa baru angkatan 2017, Perwakilan Mahasiswa masing-masing Organisasi Kemahasiswaan (OK) serta perwakilan Himpunan Mahasiswa sejarah dari masing-masing Perguruan Tinggi yang ada di Sumatera Barat seperti UNAND, UNP, UIN, dan yang lainnya. Seluruh penonton dalam ruangan begitu Antusias menikmati kegiatan yang diadakan tersebut.

Ketua Pelaksana, Kaksim, M.Pd menyampaikan “ Acara nonton bareng ini pada awalnya merupakan ide dari Himpunan Mahasiswa Sejarah dan hanya di ikuti oleh Mahasiswa Program Studi Sejarah, tapi karena masalah ini bukan hanya masalah sejarah, tapi merupakan masalah bersama, maka diadakan untuk seluruh Mahasiswa Program Studi yang ada di STKIP PGRI Sumbar”. Tema kegiatan ini adalah  “Melalui Pemutaran Film  G30 S PKI dan Dialog Interaktif, kita perkuat pemahaman Mahasiswa terhadap Ideologi Pancasila dalam menjaga keutuhan NKRI” . Ketua STKIP PGRI Sumbar, Dr. Hj. Zusmelia, M. Si dalam sambutannya menyampaikan “Pemutaran Film G30 S PKI ini dilakukan untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda tentang sejarah kelam penculikan para Jenderal angkatan darat yang dilakukan secara keji, dibunuh lalu dimasukkan kedalam sumur yang disebut dengan peristiwa lubang buaya”. Mereka banyak yang belum memahami peristiwa G 30 S PKI, apalagi peristiwa ini sering terjadi perdebatan, Pro maupun Kontra.  “Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pemahaman mahasiswa tentang kebenaran dibalik G30 S PKI dan kami selalu mendukung setiap ide dan kegiatan yang bagus dari mahasiswa” tambahnya.

Kuliah umum kali ini menghadirkan pemateri Prof. Dr. Phil Gusti Asnan sebagai pakar sejarah dan Mayor Inf. Feri Handra, S. Sos dari Kodim Sumbar. Dialog yang terjadi begitu interaktif dan berjalan lancar karena dipandu oleh Dr. Ansofino, M. Si, Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar, yang banyak tau tentang sejarah G 30 S PKI, karena beliau juga pernah meneliti tentang hal itu. Seluruh penonton begitu menikmati dan bersemangat menyaksikan Dialog yang terjadi. Sehingga banyak memunculkan banyak pertanyaan dari peserta yang hadir.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved