STKIP PGRI Sumatera Barat Kembali Gelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni)

Unakerhum: Sabtu (31/3). STKIP PGRI Sumatera Barat kembali menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 31 Maret – 10 April 2018. Kegiatan ini tidak hanya di ikuti oleh seluruh mahasiswa masing-masing Prodi di STKIP PGRI Sumatera Barat, tetapi juga melibatkan mahasiswa dari Perguruan Tinggi atau Universitas lainnya di Sumbar. Pembukaan Porseni diadakan di Aula Gedung Kampus I STKIP PGRI dengan menampilkan berbagai kegiatan seni termasuk tapak suci. Kegiatan Porseni di buka secara resmi oleh Koordinator Kopertis X, Prof. Dr. Herri, SE, MBA.

Herri menyampaikan STKIP PGRI Sumatera Barat merupakan kampus pertama di kopertis Wilayah X, Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau yang mengadakan Porseni. Kegiatan Porseni yg diadakan ini merupakan sebuah kegiatan penting dalam membangun SDM yang Jaya di Tahun 2045. “Tujuan Porseni ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar mahasiswa Perguruan Tinggi di Sumbar. Kemudian sebagai ajang membentuk jiwa sportif dan disiplin antar mahasiswa, salah satunya sikap siap kalah dan siap menang. Sedangkan untuk ajang kesenian, tujuannya untuk memperhalus jiwa. Sebab dengan jiwa yang halus, kita bisa merasakan dan memahami apa yang dirasakan orang lain” tambah Herri. "Kalau mahasiswa yang aktif berorganisasi di kampus maka tidak akan susah berkomunikasi dengan pihak lain dan mudah mendapatkan kesempatan kerja. Dan kampus merupakan laboratorium bagi mahasiswa untuk berorganisasi" kata Herri. 

Wakil ketua III Bid. Kemahasiswaan STKIP PGRI Sumbar, Jarudin menerangkan kegiatan Porseni ini sudah sejak 10 tahun belakangan diadakan oleh STKIP PGRI yaitu berawal ketika ketua yayasan, Dasrizal masih menjabat sebagai Wakil Ketua Bid. Kemahasiswaan periode sebelumnya. Dasrizal berkontribusi besar terhadap peningkatan kegiatan Porseni yang diadakan STKIP PGRI Sumbar. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin dari BEM STKIP PGRI dan biasanya ini jadi agenda internal kampus STKIP PGRI Sumatera Barat. Namun pada Tahun ini, kegiatan Porseni melibatkan kampus atau universitas lain, yang diikuti oleh sebanyak 20 Perguruan Tinggi dari berbagai universitas dan Perguruan Tinggi di Sumbar” kata Jarudin.  

Ketua pelaksana Porseni, Habibullah Karami menyebutkan Cabang Olahraga yang dipertandingkan mulai dari bola kaki, bola voli, basket, tenis meja, Catur untuk kategori Putra putri dan futsal untuk putra. Sementara untuk perlombaan seni meliputi tari kreatif, solo song putra putri, solo song dangdut putra putri,  puisi dan lainnya. Ada juga perlombaan untuk umum yakni Fashion Show, Standup Comedy, Kemudian juga menerangkan, 14 Prodi yang ada di STKIP PGRI Sumatera Barat ikut serta dalam Porseni, termasuk Perguruan Tinggi lainnya di Sumbar. 

Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia menyampaikan “Porseni ini merupakan ajang kompetisi positif per-Prodi yang ada di STKIP PGRI Sumatera Barat”. Dalam penglihatannya, kreatifitas mahasiswa STKIP PGRI Sumbar tampaknya cukup bagus. Hal itu terbukti dari banyaknya mahasiswa STKIP PGRI Sumbar yang terlibat dalam setiap ajang lomba yang diadakan diluar kampus, dan mahasiswa STKIP PGRI Sumbar dapat meraih juara. Ini adalah kalender tahunan BEM, yakni salah satu kegiatan unggulan yg diadakan sebuah perguruan tinggi seperti yg dilakukan STKIP PGRI Sumbar” kata Zusmelia.

Dia juga menyampaikan, bahwa kegiatan Porseni ini adalah sebagai perpanjangan tangan Dikti, Kopertis wilayah X diharapkan bisa menilai dengan positif apa yang dilakukan STKIP PGRI Sumbar. Porseni yang dilaksanakan hari ini menjadi salah satu upaya STKIP PGRI meningkatkan mutu dan prestasi Perguruan Tinggi ini. Zusmelia mengapresiasi kehadiran koordinator Kopertis Wilayah X dan ketua yayasan yang selalu mendukung setiap kegiatan yang diadakan STKIP PGRI, sehingga STKIP PGRI selalu menunjukkan kemajuan dan peningkatan dalam Tridharma Perguruan Tinggi.  Dia juga menekankan pada para dosen untuk lebih intens melihat kreatifitas yang dilakukan mahasiswa. "Sebab dengan cara begitu, talenta para mahasiswa  yang sebelum ini luput dari perhatian para dosen, kali ini bisa diperhatikan. “Saya berharap agar Porseni ini dapat menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh peserta, dan menjadi kegiatan percontohan di kopertis Wilayah X “ tambah Zusmelia.  

Kegiatan dihadiri oleh ketua yayasan, wakil ketua Bid. Akademik, Sri Imelwaty, pimpinan program studi selingkungan STKIP PGRI,  wakil rektor Universitas Internasional Batam (UIB), Meliana, mahasiswa perwakilan dari masing-masing Perguruan Tinggi, Civitas Akademika STKIP PGRI Sumatera Barat, dan tamu undangan lainnya.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved
Penerimaan Mahasiswa Baru