STKIP PGRI Sumatera Barat Berpacu Untuk Peningkatan Wawasan Mahasiswa

Unakerhum: Sabtu (16/12) Tutup Akhir Semester, STKIP PGRI Sumatera Barat gelar enam kegiatan kemahasiswaan secara bersamaan. Sebagai perguruan tinggi yang punya komitmen mencerdaskan dan menginspirasi anak bangsa, STKIP PGRI Sumatera Barat tidak hanya memfokuskan kegiatannya pada aspek perkuliahan semata, tapi juga menjadikan mahasiswa memiliki karakter/softskills yang unggul yang mereka dapatkan melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan. 

Untuk mengasah kemampuan mahasiswa, kampus STKIP PGRI Sumatera Barat mengadakan berbagai bentuk kegiatan. Tak tanggung-tanggung, pada Sabtu (16/12) kemarin, mahasiswa menggelar enam kegiatan sekaligus yang intinya menambah wawasan serta mensinkronkan materi perkuliahan yang sedang dipelajari mahasiswa itu di kampus STKIP PGRI Sumatera Barat tersebut. "Sebenarnya sudah menjadi agenda rutin bagi STKIP PGRI Sumatera Barat melaksanakan kegiatan yang bersifat pembentukan karakter, menambah wawasan serta cara mengaplikasikan ilmu yang didapat para mahasiswa itu. Hari Sabtu ini ada enam agenda kegiatan yang kami adakan serentak," ujar Jarudin, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama STKIP PGRI Sumatera Barat. 

Dia menyebutkan, enam kegiatan yang diadakan serentak pada hari itu yakni Panggung Seni dan Dialog Interaktif Budaya Minangkabau di STKIP PGRI Convention Centre (SCC) dengan narasumber Yus Datuak Parpatiah yang dihadiri oleh 1400 orang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Budaya Alam Minang Kabau. Lalu, acara Gerakan Membina Remaja (Gebiar) Palang Merah Indonesia PMR Wira se-Sumbar di Lapangan STKIP PGRI Convention Centre (SCC) yang berlangsung Sabtu-Minggu (16-17/12). Kegiatan tersebut diikuti oleh 28 kontingen dari 28 sekolah se-Sumbar dengan memperlombakan beberapa rangkaian kegiatan untuk memperebutkan Piala Bergilir Wakil Ketua III STKIP PGRI Sumatera Barat. Dalam kegiatan tersebut Piala Bergilir diraih oleh SMA Negeri 4 Padang & SMA Negeri 6 Padang karena memiliki jumlah skor yang sama. 

Selain itu, Jarudin menyampaikan ada juga kegiatan pameran Media Pembelajaran Matematika yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Matematika di Halaman Kampus STKIP PGRI Sumbar. Kemudian acara menyambut ulang tahun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni ke-8 di Aula STKIP PGRI Sumatera Barat. Setelah itu adanya pelatihan Jurnalistik tingkat dasar (PJTD) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Medika.  Khusus untuk kegiatan Panggung Seni dan Dialog Interaktif Budaya Minangkabau, Jarudin menyebutkan bahwa ada nilai yang patut diambil pada acara itu. "Kami ingin mengenalkan pada mahasiswa, khususnya yang mengambil mata kuliah Budaya Alam Minangkabau (BAM), untuk menanamkan kembali nilai-nilai adat dan budaya, apalagi Minangkabau menganut filsafat Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), " sebut Jarudin. Menurutnya, inilah bentuk budaya Minangkabau dan budaya lokal yang susah sepatutnya untuk dijaga dan dilestarikan. Jarudin juga menjelaskan, sisi lain dari pergelaran seni dan budaya itu untuk menumbuhkan kembali semangat budaya minangkabau ditengah arus globalisasi ini. Dengan harapan mahasiswa itu nantinya tidak terbawa arus dalam globalisasi dan nilai-nilai moral mereka tidak menjadi tergerus.  Dia menerangkan mata kuliah BAM ini merupakan mata kuliah umum namun wajib diambil oleh mahasiswa.  

Menyinggung kegiatan Gerakan Membina Remaja (Gebiar) Palang Merah Indonesia PMR Wira se Sumbar,  sebut Jarudin, acara itu merupakan yang pertama kali diadakan STKIP PGRI Sumatera Barat. Kegiatan itu diikuti dari sejumlah SMA/sederajat yang menjadi sekolah binaan dari STKIP PGRI Sumatera Barat. "Ada 15 kontingen sekolah binaan kami yang ikut Gebiar PMI ini. Dan kegiatan Kepalangmerahan itu tujuannya untuk lebih mematangkan kompetensi dan keterampilan PMR Wira itu," sebut Jarudin. Sebab, sebut dirinya, peserta itu nantinya akan beradaptasi di lingkungan sehingga bisa mudah memberi pertolongan pada masyarakat yang butuh bantuan Palang Merah. 

Ia pun menegaskan peserta yang ikut Gebiar PMR itu adalah orang pilihan karena mereka itu diutus mewakili sekolahnya  masing-masing, dan jelas membawa harapan besar untuk bisa meraih prestasi pada Gebiar PMI yang diadakan STKIP PGRI ini. "Hal lain dibalik acara itu, lanjut Jarudin, tidak lain sebagai promosi tentang STKIP PGRI Sumatera Barat kepada sejumlah pihak terutama pada SMA/sederajat yang ada di Sumatera Barat," pungkas Jarudin.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved