STKIP PGRI SUMATERA BARAT TAMPIL GEMILANG DI WISUDA SARJANA PERIODE KE-55 OKTOBER 2017

Unakerhum: Sabtu (7/10) STKIP PGRI Sumatera Barat melaksanakan wisuda periode ke-55 tahun ini. Wisuda kali ini merupakan wisuda kedua yang dilaksanakan di STKIP PGRI Convention Centre (SCC). Dimana pada tahun-tahun sebelumnya STKIP PGRI Sumatera Barat melaksanakan prosesi wisuda dengan menyewa gedung-gedung ataupun hotel yang ada di Padang. Namun, mulai tahun 2017 pelaksanaan wisuda sudah dilaksanakan di gedung sendiri yaitu di STKIP PGRI Convention Centre (SCC). Prosesi wisuda dilaksanakan selama dua hari yaitu hari sabtu dan minggu (7-8/10). Pelaksanaan wisuda dibuka secara resmi oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah X, Prof. Dr. Herri, SE, MBA.

Herri mengatakan “Di KOPERTIS Wilayah X ada 246 Perguruan Tinggi Saat ini, STKIP PGRI Sumatera Barat merupakan Perguruan Tinggi yang dapat melaksanakan acara wisuda di gedung sendiri dengan pelaksanaan wisuda sesuai dengan aturan yang ditetapkan, serta dapat melaksanakan acara dengan lancar dan meriah”. “ Dengan banyaknya dosen STKIP PGRI Sumatera Barat yang sudah bergelar Doktor dan sedang menempuh Program Doktor, mudah-mudahan mampu mengangkat STKIP PGRI Sumatera Barat untuk terakreditasi A. Karena, STKIP PGRI Sumatera Barat selalu menunjukkan kemajuan dan peningkatan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, orang tua wisudawan harus berbangga telah mempercayakan anak-anak kita untuk berproses di STKIP PGRI Sumatera Barat” tambah Herri.

Kegiatan wisuda saat ini merupakan wisuda paling termegah dan teristimewa bagi keluarga besar STKIP PGRI Sumatera Barat, karena pelaksanaan wisuda ikut dihadiri oleh Wali Kota Padang, H. Mahyeldi Ansyarullah, SP.  Kedatangan Wali Kota Padang di STKIP PGRI Convention Centre (SCC) disambut hangat dan penuh bahagia oleh seluruh yang hadir. Mahyeldi mengatakan “STKIP PGRI Convention Centre (SCC) merupakan gedung terbesar, termegah yang ada di kota Padang dan memiliki fasilitas dan ruangan yang memadai sesuai dengan kebutuhan pemerintahan kota padang. Sehingga, SCC bisa dijadikan sebagai salah satu tempat pelaksanaan acara pemerintahan kota padang” kata Mahyeldi. Bahkan dalam pidatonya dihadapan ratusan yang hadir Mahyeldi menyatakan, Pemerintahan kota Padang akan segera memperlebar akses jalan ke STKIP PGRI Convention Centre (SCC), sehingga tidak ada lagi kemacetan. Hal itu langsung dibuktikannya dengan penandatangan persetujuan dan disposisi ke dinas Pariwisata dan Dinas PU.

Ketua Yayasan Pendidikan PGRI Padang Sumatera Barat, Drs. Dasrizal, MP dalam pidatonya menyampaikan “Pengurus yayasan selalu berkomitmen untuk memperhatikan segala hal menyangkut dengan kemajuan STKIP PGRI Sumatera Barat diantaranya telah selesainya pembangunan STKIP PGRI Convention Centre (SCC), tahap berikutnya pihak yayasan terus berupaya untuk melanjutkan pembangunan, diantaranya pembangunan gedung perpustakaan, asrama serta gedung rektorat untuk melengkapi pembangunan di Kampus STKIP PGRI Sumatera Barat” tegas Dasrizal.

Berbagai prestasi yang diraih STKIP PGRI Sumatera juga disampaikan dalam pidatonya, diantaranya STKIP PGRI Sumbar menjadi Kampus LPTK terbaik di Kopertis wilayah X, STKIP PGRI Sumatera Barat naik peringkat dari cluster Madya menjadi cluster Utama dalam bidang penelitian artinya STKIP PGRI Sumatera Barat dibidang penelitian sudah sejajar dengan kampus-kampus besar lainnya di Indonesia. Kemudian, STKIP PGRI Sumatera Barat berhasil menghantarkan 1 Program Studi memperoleh nila A yaitu Program Studi pendidikan Sejarah dan 8 Program Studi memproleh Nilai B serta berhasil membuka tiga Program Studi baru yang telah menerima mahasiswa di semester ganjil 2017/2018.

Wisuda sarjana periode ke- 55 dipimpin langsung oleh Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Dr. Zusmelia, M. Si. Zusmelia menyampaikan pada periode ini STKIP PGRI Sumatera Barat mewisuda sebanyak 943 orang Mahasiswa. Program Studi Pendidikan Ekonomi mendominasi jumlah lulusan tertinggi yakni sebanyak 159 orang, kemudian disusul oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia sebanyak 139 orang, Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 133 orang, Program Studi Bimbingan dan Konseling sebanyak 114 orang, Program Studi Pendidikan Sosiologi sebanyak 108 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 80 orang, Program Studi Pendidikan Geografi sebanyak 72 orang, Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 65 orang, Program Studi PendidikanSejarah sebanyak 32 orang, Program Studi Pendidikan Informatika sebanyak 26 orang dan Program Studi Pendidikan Fisika sebanyak 15 orang.

STKIP PGRI Sumatera Barat sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) selalu melahirkan tenaga guru yang profesional dan berkualitas. Walaupun STKIP PGRI Sumatera Barat sebagai LPTK, namun STKIP PGRI tidak hanya menfokuskan lulusannya untuk menjadi guru, tapi bisa juga berprofesi dibidang lainnya seperti bekerja di Perusahaan, kantoran ataupun instansi yang lainnya. Seluruh lulusan juga dibekali dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang akan mempermudah lulusan untuk bekerja atau berkarir. Karena SKPI ini nantinya akan menjelaskan kemampuan atau keahlian khusus yang dimiliki lulusan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya lulusan STKIP PGRI Sumatera Barat yang saat ini berprofesi sebagai guru, Pegawai BUMN, ataupun bekerja di Perusahaan-perusahaan” katanya.

Sebelum menutup pidatonya, Zusmelia juga menyampaikan beberapa prestasi yang telah diraih STKIP PGRI Sumatera Barat diantaranya STKIP PGRI Sumatera Barat sudah memiliki Unit Kantor Urusan Internasional (KUI)/ Internasional Relations Office (IRO) yang akan membuat kampus diakui didalam negeri maupun luar negeri, STKIP PGRI Sumatera Barat sudah bekerja sama dengan universitas luar negeri, STKIP PGRI Sumatera Barat meraih peringkat 3 oleh komisi informasi Provinsi Sumatera Barat, STKIP PGRI Sumatera Barat penerima hibah penelitian terbanyak di wilayah kopertis X, Memenangkan hibah Tracer Study, tata kelola e-journal dan hibah OJS dari Kemenristek- Dikti , peringkat 3 Mahasiswa berprestasi Kopertis X, peringkat 1 dosen Berprestasi Kopertis X, dosen dan mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat mendapatkan beasiswa LPDP, Budi- DN, BPPDN dan Universitas Mitra Luar Negeri, 2 orang dosen STKIP PGRI Sumatera Barat mendapat sertifikat Reviewer Penelitian dari Kemenristek Dikti, dan berbagai prestasi lainnya.

Upacara wisuda periode ke- 55 ini dihadiri oleh Wali Kota Padang, H. Mahyeldi Ansyarullah, SP, Koordinator dan Sekretaris Kopertis Wilayah X, Prof. Dr. Herri, SE, MBA dan Drs. Hanafi, MS, Pembina yayasan dan Pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat, Camat kelurahan Nanggalo beserta Lurah, Anggota Senat STKIP PGRI Sumatera Barat, 943 orang wisudawan, Orang Tua Wisudawan, serta Undangan lainnya.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved