STKIP PGRI Sumatera Barat Kerjasama Kredit Transfer dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri

Unakerhum: Sebagai kampus yang selalu konsisten dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) pada akhir semester 2018/2019 ini kembali meraih hibah program kredit transfer dari Belmawa Kemenristek Dikti. Program ini adalah program rutin dari Belmawa Kemenristek Dikti untuk meningkatkan kemampuan jejaring kerjasama dengan universitas luar negeri. Kali ini dilaksanakan di Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri ternama Luar Negeri. Masa perkuliahan kerjasama transfer kredit itu berlangsung selama dua minggu, mulai tanggal 14 Januari 2019 hingga 28 Januari 2019.

Kerjasama transfer kredit sudah dimulai tahun ini, bahkan mahasiswa kita sudah berada di UPSI dari tanggal 14 Januari 2019. Jumlahnya Sebanyak 3 orang mahasiswa. kedepan akan dikembangkan lebih banyak lagi kerjasama dengan Universitas Luar Negeri, salah satunya melalui program “ joint degree”, kata Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STKIP PGRI Sumatera Barat, Jarudin. “Beberapa alasan STKIP PGRI Sumatera Barat memilih UPSI, Malaysia sebagai host university untuk program kredit transfer ini.  Pertama, kesamaan ruang lingkup profil universitas yaitu di bidang pendidikan. UPSI merupakan kampus negeri yang sudah diakui oleh pemerintah malaysia menjadi kampus no 1  di bidang pendidikan.  Kedua,  dosen  yang terbaik di bidangnya.  Mahasiswa kita diajar oleh Dr yang syarat pengalaman dan keilmuwan.  Ketiga, metode pembelajaran yang bervariasi seperti online learning dan praktek lapangan” katanya.

 

Prosesi Perkuliahan dilakukan secara tatap muka, presentasi,  online learning,  praktek lapangan,  tugas individu dan kelompok serta studi kasus. Dalam proses pembelajaran, dosen menggunakan referensi dari buku,  jurnal dan data lapangan. Sistim pengumpulan tugas terdiri dari hard copy dan soft copy.  Untuk tugas dalam bentuk softcopy dikumpulkan via email. Mahasiswa belajar Kokurikulum dan Pengurusan Bilik Darjah/ classroom management.  Mahasiswa tidak hanya belajar teori tetapi langsung dihantarkan kelapangan. Mahasiswa mendapatkan sertifikat dan transkrip akademik atas perkuliahan yang telah diikuti. Dosen menggunakan bahasa inggris dan bahasa melayu dalam menyampaikan materi pembelajaran. Dosen untuk mata kuliah Kokurikulum adalah Dr. Hasyimah dan untuk mata kuliah classroom management  adalah Dr.  Ridzuan.

Prosesi pelepasan mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat dalam program hibah kredit transfer dilaksanakan pada Senin (28/1).  Pelepasan ini ditutup oleh dekan Fakulti Sains Kemanusian UPSI, Dr.  Ibrahim. “Program internasional kita jangan hanya berhenti pada program ini saja”, katanya.  Ia sudah bersepakat untuk melakukan program kerjasama dalam bentuk visiting professor,  praktik mengajar,  video conference dan mobilitas jangka dibawah 1 bulan.  “Saya akan mempertimbangkan bantuan yang akan diberikan UPSI untuk menjaga resiprokal kedua kampus” ujarnya.  Pelepasan ini juga ditutup dengan video oleh Dr. Kamarul Ismail selaku ketua jabatan geografi. “Terima kasih banyak kepada pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat karena telah memilih UPSI sebagai host university” paparnya. 

 

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved