STKIP PGRI Sumatera Barat Kembali Berkolaborasi dengan CO2 Operate BV

Unakerhum :  Program Studi Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat kembali mendatangkan Dr. Paul Burgers selaku Director CO2 Operate BV di Negara Kincir Angin (Belanda) dalam Diskusi Ilmiah yang berlangsung Pada hari Kamis (02/11) di ruang sidang Program Studi Pendidikan Geografi. Burgers juga merupakan anggota pemerhati lingkungan hidup, bahkan Kecintaannya terhadap lingkungan hidup Burger terus melakukan riset sampai ke Indonesia khususnya di Nagari Paninggahan, Singkarak. Kedatangan Burger ke STKIP PGRI Sumatera selain bersilaturrahmi dengan pihak kampus, tetapi juga berbagi ilmu tentang peningkatan pengelolaan DAS melalui restorasi lahan dan dampaknya terhadap Ekologi, Sosial, dan Ekonomi Mayarakat di Kawasan Danau Singkarak.

“Kegiatan yang diadakan kali ini dalam rangka mempertahankan Akreditasi Program Studi yang sudah diraih oleh STKIP PGRI Sumatera Barat” jelas Dasrizal selaku ketua yayasan. Dalam sambutan, Zusmelia menghimbau  beberapa prodi lain di STKIP PGRI Sumbar diantaranya: Biologi, Fisika, Sosiologi dan Ekonomi agar dapat berkontribusi dalam riset yang dilakukan oleh Paul Burger sesuai dengan bidangnya, sehingga ada Outcome yang dapat diperoleh dari bentuk kerjasama yang sudah terjalin, salah satunya yaitu publish bersama antara STKIP PGRI Sumatera Barat dengan Paul Burger. Zusmelia beserta pimpinan lainnya selalu berupaya agar kerjasama yang sudah terjalin semakin ideal, maju dan bagus untuk kedepannya. Respon positif lansung datang dari Paul Burger dengan menghimbau kepada beberapa Program Studi untuk dapat membuat proposal dalam bentuk penelitian atau dalam hal lainnya dan mengajukannya segera kepemerintahan belanda.

Program Studi Pendidikan Geografi sudah bekerjasama dengan CO2 Operate BV sejak tahun 2012. Bentuk kerjasama tersebut diantaranya sudah terbangun riset bersama dengan Pendidikan Geografi. Setiap CO2 Operate BV yang dipromotori Burger datang ke Padang selalu meminta beberapa tenaga dari Geografi. Selain itu, Pendidikan Geografi bersama CO2  Operate BV juga pernah melakukan penelitian payung tentang kelapa sawit di Riau dengan melibatkan beberapa orang mahasiswa dan mahasiswa memperoleh kompensasi atas kerjasama ini semacam dana bantuan skripsi dari CO2 Operate BV sebesar 2,5 juta.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved