STKIP PGRI Sumatera Barat Berangkatkan 6 Orang Mahasiswa Berprestasinya dan 21 Orang Pimpinan dan Dosen Untuk Mengikuti Short Term International Program and Summer Camp 2018 di Taiwan

Unakerhum: STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) memberangkatkan dosen dan mahasiswanya untuk mengikuti Short Term International Program and Summer Camp 2018 ke  I- Shou University dan Ming Chi University of Technology, Taiwan, Minggu (5/8).  Kegiatan ini sebagai tindak lanjut Memoradum of Understanding  (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) yang sudah ditandatangani sejak tahun 2016 serta dalam rangka melaksanakan program internasionalisasi kampus. Program yang dilaksanakan diantaranya seminar tentang filosofi dan tata kelola perguruan tinggi, seminar tentang promosi perguruan tinggi dan perkembangannya, seminar tentang kualitas dan manajemen sekolah, kuliah lapangan tentang suku aborigin dan festifal/pergelaran seni serta kunjungan ketempat bersejarah di Taiwan.

Kegiatan ini diikuti oleh ketua yayasan, Dasrizal, Waka Bidang Akademik, Sri Imelwaty, kepala International Relationship Office (IRO), Edwar Kemal, beberapa pimpinan prodi/unit serta dosen dan mahasiswa STKIP PGRI Sumbar, dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang. 24 Orang peserta mengikuti Summer Camp di I- Shou University yang diselenggarakan dari tanggal 5 Agustus hingga 15 Agustus 2018 dan 3 orang mahasiswa di Ming Chi University of Technology yang diselenggarakan dari tanggal 6 Agustus hingga 15 Agustus nanti. Selama di Taiwan, peserta bakal belajar bahasa mandarin dan budaya taiwan serta berkomunikasi dengan mahasiswa internasional.

Ketua yayasan, Dasrizal menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka  mengimplementasikan internasionalisasi kampus STKIP PGRI Sumbar. Ia sangat mendukung program yang dilaksanakan ini karena dapat meningkatkan kemampuan akademik dan sosial peserta khususnya mahasiswa STKIP PGRI Sumbar.  “Terima kasih banyak kami ucapkan dosen dan kepada I- Shou University dan Ming Chi University of Technology atas kesempatan yang diberikan kepada STKIP PGRI Sumbar untuk ikut dalam kegiatan Summer Camp ini” ujar Dasrizal. “Kami dari yayasan selalu mendukung dan mendorong setiap kegiatan atau program internasionalisasi baik secara inbound dan outbound yang dilaksanakan oleh STKIP PGRI Sumbar terutama Program Double Degree dan joint Degree” tambah Dasrizal.

Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia menerangkan kegiatan yang diadakan merupakan tindak lanjut kerjasama yang sudah dijalin oleh STKIP PGRI Sumbar dengan perguruan tinggi di Taiwan serta sebagai apresiasi yang diberikan STKIP PGRI Sumbar terhadap mahasiswanya yang berprestasi dibidangnya. “ Ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya STKIP PGRI Sumbar bisa memberangkatkan mahasiswanya ke luar negeri, yang sebelumnya juga pernah memberangkatkan    mahasiswa dan dosennya keluar negeri yaitu Malaysia” katanya.

Ferri, salah satu mahasiswa dari prodi Pendidikan Informatika mengaku bangga dapat mengikuti program ini. Ia bertekat untuk belajar dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya saat berada di Taiwan sehingga dapat diterapkan dikampusnya.  

Dalam waktu bersamaan, STKIP PGRI Sumbar juga memenangkan Hibah Program Transfer Kredit dari Kemenristek Dikti. Sehingga STKIP PGRI Sumbar juga akan memberangkatkan dua orang mahasiswanya untuk mengikuti Program Kredit Transfer di Fakultas Sains dan Kemanusiaan, University Pendidikan Sultan Idris Malaysia yaitu mahasiswa dari program studi pendidikan akuntansi dan pendidikan bahasa inggris.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved