Gelar Debat Mahasiswa Ekonomi Antar Perguruan Tinggi 

 

Unakerhum: Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat menggelar Lomba Debat dan Semarak Ekonomi Tingkat LL Dikti Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) Tahun 2019 dengan mengusung tema "Membangun generasi muda ekonomi yang sportif, kreatif dan kritis Dalam menghadapi perkembangan Perekonomian Era Society 5.0". Kegiatan di selenggarakan di Aula Gedung STKIP PGRI Sumatera Barat, Jl. Gunung Pangilun Padang, Sabtu (16/3) yang dibuka oleh wakil ketua III STKIP PGRI Sumatera Barat, Jarudin.

Ia mengatakan dalam sambutannya, sesuai yang diamanatkan oleh Kemenristek Dikti, bahwa kampus merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang akan menjadi pemimpin cerdas yang berilmu dan memiliki keterampilan untuk memimpin bangsa dan negaranya. "Untuk menjadi seorang pemimpin, ada tiga bekal yang harus disiapkan anak bangsa yaitu bekal materi (hard Skills, Intektual), bekal fisik (penampilan), bekal mental (Komunikasi, dsb)," ungkapnya. “Dalam lomba pasti ada menang dan ada kalah. Tetapi, tetap memperhatikan etika dalam berlomba. Ayo berkompetisi untuk menjadi yang terbaik, tetapi berkompetisilah dengan bahasa yang logis sesuai aturan" ungkapnya. "Mudah-mudahan diangkatnya acara ini bisa menambah semangat baru khususnya untuk Prodi Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Akutansi STKIP PGRI Sumatera Barat" tambahnya. Lebih lanjut ia berharap, acara ini bisa dijadikan sebagai agenda rutin setiap tahunnya dan bisa diikuti oleh lebih banyak lagi perguruan tinggi yang ada di wilayah X, sehingga bisa memberikan pencerahan dan bekal untuk anak-anak bangsa agar menjadi lebih baik kedepannya.

Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi, Citra Rahmayani menyampaikan bahwa acara lomba ini merupakan acara lanjutan dari hari sebelumnya yaang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang juga memperlombakan Debat antar Angkatan. “Dasar diadakannya kegiatan ini karena adanya kebijakan dari Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti serta optimisme dan kepercayaan diri Prodi Pendidkan Ekonomi karena pernah menjuarai lomba debat tingkat Nasional yang diadakan di Siliwangi" ujarnya.

Ketua pelaksana, Alfin Afrialdi menyampaikan bahwa lomba debat yang diadakan ini bertujuan untuk meningkatkan daya fikir mahasiswa mengenai masalah perekonomian di Indonesia, dan untuk menjalin hubungan silaturrahmi sesama mahasiswa Ekonomi se LL Dikti Wilayah X yang diwakili oleh sebanyak 10 Perguruan Tinggi yang terdiri dari 14 Tim debat. "Semoga dengan kegiatan ini mampu membangun mahasiswa ekonomi yang kritis dan kreatif dalam menghadapi Era Society, 5.0" harapnya. 

Hadir pada lomba tersebut Pimpinan Institusi, Pimpinan Prodi dan Unit, Pimpinan Perguruan Tinggi se LL Dikti,  dosen dan mahasiswa serta tamu undangan lainnya.

 

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved