STKIP PGRI Sumatera Barat Gandeng Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Untuk Peningkatan Mutu Lulusan dan Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi

Unakerhum: Sabtu (18/11). Guna memantapkan dan penguatan profil lulusan serta untuk peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap kampusnya, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat terus melakukan terobosan. Salah satunya melakukan kerjasama (MoU) dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Zusmelia menyebutkan, kerjasama yang dibangun dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat itu merupakan salah satu dari beberapa program kerja pihak kampus dalam rangka mendekatkan kebersamaan dan satu keinginan dengan dinas tersebut menyangkut apa yang dibutuhkan dinas dari lulusan STKIP PGRI Sumatera Barat ini. "Artinya guru yang seperti apa yang dihasilkan kampus kami ini, karena ini berhubungan dengan zaman sekarang dimana guru yang berkompeten jelas sangat dibutuhkan. Penandatanganan MoU bersama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat ini merupakan puncak dari hasil diskusi kami dengan para dosen dan juga Diknas Provinsi Sumatera Barat, sekaligus wujud nyata dari keinginan STKIP PGRI untuk melahirkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan yang diharapkan dan disyaratkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan tentunya ini diawali dengan proses pembelajaran yang benar, berkualitas dan terukur yang dilakukan oleh STKIP PGRI Sumatera Barat " kata Zusmelia.

Dirinya mengaku, dengan adanya MoU itu akan banyak hal yang bisa ditarik sisi positifnya oleh STKIP PGRI Sumatera Barat yang mencakup Tri Darma Perguruan Tinggi, baik itu menyangkut pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. "Apalagi sekarang ini, kedudukan SMA/sederajat sudah berada dibawah kewenangan provinsi. Sedangkan lulusan yang dihasilkan STKIP PGRI Sumatera Barat juga dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan terhadap guru di tingkat SMA/MA disamping kebutuhan guru di SMP/MTs " kata Zusmelia lagi. 

Lebih lanjut dijelaskan, dengan adanya MoU ini akan lebih memudahkan lulusan kami diterima di berbagai SMA karena kualitas dan kompetensinya sudah sepadan dengan yang dibutuhkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Dirinya juga mengatakan, dengan adanya MoU itu sekaligus menjadi tantangan bagi STKIP PGRI Sumatera Barat untuk dapat bekerjasama dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Kita sangat berharap, dengan telah dipercayanya dan dilibatkannya STKIP PGRI Sumatera Barat dalam beberapa kegiatan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat seperti: Dalam Penyusunan Renstra Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Penyusunan Ranperda. Tentunya akan menjadi peluang kedepannya untuk mengembangkan kerjasama dalam bentuk lainnya " kata Zusmelia. Kemudian kedepannya STKIP PGRI Sumatera Barat akan meningkatkan kerjasama dibidang pendidikan dan pengajaran dengan pelaksanaan Program Lapangan Kependidikan. Dimana, mahasiswa berproses dengan praktek mengajar di sekolah-sekolah latihan. Sementara di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, STKIP PGRI Sumatera Barat akan menbantu Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dalam program peningkatan kapasitas guru seperti antara lain, memberikan pelatihan dalam bidang pembelajaran dan pengajaran, PTK dan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi.

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Seminar Nasional dan Lomba Matematika & Biologi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika & Pendidikan Biologi. Dimana Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebagai keynote speakernya.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved