STKIP PGRI SUMATERA BARAT SEBAGAI PERINTIS PORSENI ANTAR PTS SE SUMBAR: BUDAYAKAN OLAHRAGA DAN SENI

Unakerhum: Senin (10/4). Walaupun STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) merupakan kampus LPTK yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pengajaran, namun STKIP PGRI Sumbar merupakan sebuah kampus yang peduli terhadap bidang olahraga dan seni. Itu dibuktikan dengan diadakannya serangkaian kegiatan pertandingan antar Perguruan Tinggi se-Sumbar diantaranya pertandingan bola voly ,tenis meja dan catur yang berlangsung di lapangan dan Aula Gedung kampus STKIP PGRI Sumbar. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan lanjutan setelah kegiatan PORSENI tingkat Program Studi selingkungan STKIP PGRI Sumbar yang berlangsung dari tanggal 31 Maret – 10 April 2018. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Koordinator kopertis X, Prof. Dr. Herri, SE, MBA.

 

Pada kesempatan ini, Bapak Koordinator menyampaikan STKIP PGRI Sumbar merupakan kampus pertama di kopertis Wilayah X, Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau yang mengadakan kegiatan ini. “Olahraga harus didorong terus agar membudaya dan menjadi gaya hidup, selain untuk meningkatkan kebugaran juga untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan” pernyataan Prof. Herri. Disamping itu, Beliau juga mengapresiasi setiap kegiatan yang dilakukan STKIP PGRI Sumbar karena terus berbuat kegiatan yang positif, dengan merintis kegiatan Pertandingan Perdana Antar Perguruan Tinggi se-Sumbar yang diikuti oleh sebanyak 21 Perguruan Tinggi. “Teruslah berbuat dan kita saling berkomunikasi, apapun itu selagi positif dan membawa kebaikan, Kopertis X siap mendukung setiap kegiatan” tambah Prof. Herri. Sementara itu, ketua STKIP PGRI Sumbar,  Zusmelia mengatakan pertandingan antar Perguruan Tinggi se-Sumbar ini dilakukan guna membangun jiwa sportivitas dan kebersamaan antar Perguruan Tinggi serta menjalin silaturrahmi antar mahasiswa terutama sesama peserta lomba. Kegiatan yang dilaksanakan ini menjadi salah satu upaya STKIP PGRI meningkatkan mutu dan prestasi Perguruan Tinggi. “Selamat bertanding, jagalah silaturrahmi dan junjunglah sportivitas “ kata Zusmelia.

Setiap cabang kegiatan yang dilaksanakan berjalan seru dan ramai dengan desakan dan sorakan para penonton dan suporter masing-masing Tim. Selain pertandingan olahraga, STKIP PGRI Sumbar juga menyelenggarakan pertandingan lain dalam bidang seni yaitu Solo Song Dangdut dan Lomba Puisi dengan mengundang juri-juri ternama dan kompeten. Bahkan, STKIP PGRI Sumbar juga menyelenggarakan pertandingan Lomba Fashion Show dan Stand Up Comedy untuk peserta Umum.

Kegiatan penutupan dilaksanakan pada Selasa (10/4) bertempat di Aula gedung kampus STKIP PGRI Sumbar yang ditutup secara resmi oleh ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia. Dalam sambutannya Dr. Zusmelia menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua yayasan yang terus mendorong dan mendukung setiap kegiatan STKIP PGRI. “Porseni tahun ini merupakan Porseni tersulit dan tergigih sepanjang sejarah Porseni STKIP PGRI Sumbar” kata Dr. Zusmelia. Penghargaan untuk wakil ketua bid. Kemahasiswaan, Jarudin yang telah berhasil meningkatkan prestasi STKIP PGRI pada SIMKATMAWA bidang kemahasiswaan,dengan meraih peringkat 175 dari 3244 PT di Indonesia. Apresiasi untuk seluruh PTS yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan Porseni ini. Ketua STKIP PGRI Sumbar juga menyampaikan kepada seluruh peserta dan pimpinan PTS yang hadir “ saat ini STKIP PGRI Sumatera Barat sedang berproses untuk berubah bentuk menjadi Universitas PGRI Padang Sumatera Barat” tegas beliau. 

Wakil ketua Bid. Kemahasiswaan, Jarudin dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih  kepada ketua yayasan, karena kegiatan Porseni ini berawal ketika ketua yayasan, Bapak Dasrizal masih menjabat sebagai Wakil Ketua Bid. Kemahasiswaan periode sebelumnya. Dasrizal berkontribusi besar terhadap peningkatan kegiatan Porseni yang diadakan STKIP PGRI Sumbar. “ Terima kasih juga kepada ketua STKIP dan wakil ketua Bid. Akademik, Sri Imelwaty, Pimpinan Prodi dan Unit yang selalu mendukung pelaksanaan Porseni” kata Jarudin. “Selamat kepada pemenang, dalam setiap perjuangan dan kerja keras terdapat hikmah dibalik itu semua. Kepada tim yang kalah jangan menyerah dan berputus asa, biarlah kalah untuk hari ini, tapi rebutlah kemenangan untuk hari esok” tangkas Jarudin.

 

Penutupan Porseni diakhiri dengan mengumumkan tim pemuncak masing-masing kegiatan yang dipertandingkan. Juara umum antar Prodi selingkungan STKIP PGRI Sumbar diraih oleh Prodi Pendidikan Ekonomi dengan jumlah poin sebanyak 22 Poin. Sementara juara umum antar Perguruan Tinggi se-Sumbar diraih oleh STKIP PGRI Sumatera Barat dengan jumlah poin sebanyak 25 Poin, dan Universitas Bung Hatta yang ikut dalam kegiatan ini meraih peringkat ke- 2 dengan jumlah poin sebanyak 23 poin.

 

Kegiatan pembukaan dan penutupan Porseni dihadiri oleh ketua yayasan, Dasrizal, pimpinan STKIP PGRI Sumbar, Pimpinan Prodi dan Unit, seluruh Pimpinan PTS se-Sumbar, Wakil Rektor Universitas Internasional Batam, Dr. Meliana, Peserta lomba seluruh Perguruan Tinggi, Civitas Akademika STKIP PGRI Sumbar serta tamu undangan lainnya.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved
Penerimaan Mahasiswa Baru