Unit Pelaksana Teknis

  1. BAGIAN ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

    Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan yang selanjutnya disebut BAAK merupakan unsur pelaksana di bidang administrasi akademik Kemahasiswaan yang dipimpin oleh seorang Kepala. Di BAAK terdapat 3 (tiga) sub bagian yaitu :
    1)    Sub. Bagian Pendidikan dan Pengajaran
    2)    Sub. Bagian Registrasi, Statistik dan Kemahasiswaan
    3)    Sub Bagian PDPT/EPSBED
    BAAK mempunyai tugas dan fungsi mengelola dan melaksanakan pemberian layanan bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan serta pengembangan Sistim Informasi di STKIP PGRI Sumatera Barat.
    Link Website

  2. BAGIAN ADMINISTRASI UMUM DAN KEUANGAN

    Bagian Administrasi Umum dan Keuangan yang selanjutnya disebut BAUK merupakan unsur pelaksana di bidang administrasi umum dan keuangan yang dipimpin oleh seorang Kepala. Di BAUK terdapat 2 (dua) sub Bagian yaitu :
    1)    Sub Bagian Keuangan
    2)    Sub Bagian Kepegawaian dan Pengarsipan
    BAUK mempunyai tugas dan fungsi mengelola dan melaksanakan pemberian layanan dalam urusan ketatausahaan, hukum dan ketatalaksanaan, kepegawaian, dan urusan keuangan.
    Link Website

  3. UPT PERPUSTAKAAN

    UPT Perpustakaan adalah unit pelaksana teknis di bidang perpustakaan yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat. UPT Perpustakaan dipimpin oleh seorang kepala yang ditetapkan dengan surat keputusan Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat. Kepala UPT Perpustakaan dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang sekretaris.
    Tugas UPT Perpustakaan adalah memberikan pelayanan pustaka untuk keperluan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
    Fungsi UPT Perpustakaan meliputi :
    1)    Menyediakan dan mengelola bahan pustaka.
    2)    Memberikan pelayanan dan pendayagunaan bahan pustaka.
    3)    Memelihara bahan pustaka.
    4)    Melakukan pelayanan referensi dan urusan tata usaha perpustakaan.
    Link Website

  4. UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

    Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP3M) mengelola dua kegiatan inti yaitu  penelitian dan pengabdian masyarakat yang dipimpin oleh seorang Kepala yang bertanggung jawab langsung kepada Wakil Ketua Bidang Akademik STKIP PGRI  Sumatera Barat. Kepala UP3M dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang sekretaris.
    Pada bidang penelitian, UP3M mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan penelitian yang diselenggarakan oleh dosen dan ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan.
    Link Website

  5. UNIT PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN

    Unit Program Pengalaman Lapangan adalah unit pelaksana teknis yang mengelola dan melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang bertanggung jawab langsung kepada Ketua, pembinaannya dilakukan oleh Wakil Ketua Bidang Akademik.Unit Program Pengalaman Lapangan bertugas merencanakan dan menyusun kegiatan pelaksanaan PPL untuk diajukan kepada Ketua. Unit Program Pengalaman Lapangan dipimpin oleh seorang Kepala dan seorang Sekretaris.
    Link Website

  6. UNIT PENJAMINAN MUTU INTERNAL

    Unit Penjaminan Mutu Internal (UpjMI) adalah unit di STKIP PGRI Sumatera Barat dibidang pengendalian dan peningkatan mutu (Qualty Assurance), dipimpin oleh seorang kepala yang daingkat dan bertanggung jawab kepada Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat. Ketua UPjMI dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang sekretaris.
    Pembinaan Teknis UPjMI dilakukan oleh Wakil Ketua Bidang Akademik.
    Tugas Unit Penjaminan Mutu Internal :
    1)    Mengembangkan dan memfasilitasi terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) STKIP PGRI Sumatera Barat di setiap unit kerja;
    2)    Mengembangkan, mensosialisasikan, mengkoordinasikan dan memonitor proses audit mutu internal yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar mutu.
    3)    Mempelajari dan mensosialisasikan praktik baik monitoring dan evaluasi kegiatan;
    4)    Melakukan review berkas akreditasi nasional dan internasional yang bertujuan tercapainya peringkat akreditasi sebaik mungkin;
    5)    Mengkoordinasikan pelaksanaan sertifikasi dosen dan pelaporan beban kerja dosen.
    Link Website

  7. UNIT MATA KULIAH UMUM

    Unit Mata Kuliah Umum (MKU) merupakan unit pelaksana teknis yang berfungsi mengkoordinasi penyelenggaraan dan pengembangan mata kuliah umum. Unit Mata Kuliah Umum dipimpin oleh seorang Koordinator dan dibantu oleh sekretaris. Unit MKU mempunyai tugas untuk melayani perkuliahan semua Mata Kuliah Umum yang dilaksanakan program studi di lingkungan STKIP PGRI Sumatera Barat. Unit ini mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan antara lain, perkuliahan, penjadwalan perkuliahan dosen MKU, monitoring dan melaksanakan kegiatan seminar, lokakarya, penataran, dan lain-lain.

  8. UNIT PENGADAAN DAN PERLENGKAPAN LABORATORIUM

    Unit Pengadaan dan Perlengkapan Laboratorium (UP2Lab)  merupakan unsur pelaksana di bidang administrasi pengadaan inventaris dan pemeliharaan aset. Kepala UP2Lab dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang sekretaris. UP2Lab mempunyai tugas dan fungsi mengelola dan melaksanakan layanan dalam urusan perlengkapan dan Sarana Laboratorium.
    Link Website

  9. UNIT PENGEMBANGAN BAHASA

    Unit Pengembangan Bahasa (UPB) merupakan unsur pelaksana dilingkungan STKIP PGRI Sumatera Barat untuk menyelenggarakan pengembangan dan pelajaran bahasa (Inggris dll) dan pengembangan belajar. Unit Pengembangan Bahasa dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung jawab kepada Wakil Ketua Bidang Akademik STKIP PGRI Sumatera Barat. Ketua UPB dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang sekretaris.
    Unit Pengembangan Bahasa mempunyai tugas dan fungsi :
    a.    Menyusun konsep rencana dan program kerja dalam pengembangan pengajaran bahasa dan pengembangan sumber belajar dalam lingkungan STKIP PGRI Sumatera Barat
    b.    Melaksanakan pengajaran TOEFL bagi para mahasiswa, alumni dll.
    c.    Melaksanakan pengajaran bahasa bagi para dosen untuk mempersiapkan diri untuk menempuh studi pasca sarjana
    d.    Pelayanan bantuan yang berkaitan dengan kemampuan bahasa baik bagi kalangan maupun luar STKIP PGRI Sumatera Barat
    Link Website

  10. UNIT KETENAGAKERJAAN DAN HUMAS

    Unit Ketenakerjaan dan Humas adalah unit pelaksana teknis dibidang Ketenagakerjaan, Humas, Dokumentasi, Publikasi dan Protokoler yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat. Unit Ketenakerjaan dan Humas dipimpin oleh seorang Kepala yang dibantu oleh seorang sekretaris. Unit Ketenakerjaan dan Humas bertugas menjalin hubungan dengan stakeholder dengan menggunakan pola kemitraan.
    Fungsi UPT Ketenakerjaan dan Humas :
    1)    Mendata dan Menginformasikan lowongan pekerjaan ke alumni.
    2)    memberikan informasi berupa publikasi dan dokumentasi kepada masyarakat dalam rangka promosi keunitan.
    3)    membina kemitraan dengan pihak stakeholder.
    4)    menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka menunjang fungsi kerja keunitan.
    5)    menyiapkan bahan penyusunan konsep dan program kegiatan publikasi dan hubungan masyarakat.
    6)    Secara periodik melakukan tracer study guna mendata dan mendapatkan informasi lulusan.
    Link Website

  11. UNIT KESEHATAN KAMPUS

    Unit Kesehatan Kampus (UKK) adalah unit pelaksana teknis dibidang pelayanan kesehatan yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat. UKK dipimpin oleh seorang Kepala/Dokter. Fungsi UKK memberikan pelayanan kesehatan kepada civitas akademika yang ada di  lingkungan STKIP PGRI Sumatera Barat

  12. INTERNASIONAL RELATIONSHIP OFFICE (IRO)

    Internasional Relationship Office (IRO) adalah Unit yang bertugas mengurus semua kegiatan yang terkait dengan hubungan (Kerjasama) dengan Luar Negeri, baik kerjasama dibidang Akademik Dosen Maupun Akademik Mahasiswa.

  13. STKIP PGRI CONVENTION CENTRE (SCC)

    STKIP PGRI Convention Centre (SCC) Merupakan Gedung yang menjadi salah satu sumber income generating bagi STKIP PGRI Sumatera Barat. Dalam Pelaksanaan pengelolaan SCC dikelola untuk di sewakan dalam berbagai kegiataan (Event) yaitu Pernikahan, Wisuda, Seminar, Workshop dan Lain-lain. SCC dilengkapi oleh VIP room, Artist Room, Sound System, Proyektor LCD, Basement, Musholla, AC dan Lain-lain. SCC ini dipimpin oleh seorang graneral manager yang dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang manager dan beberapa tenaga teknis.
    Link Website

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved