Peringkat 87 se IndonesiaSTKIP PGRI Sumbar Terus Tingkatkan Kualitas dan Prestasi

Unakerhum: STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) kembali menyelenggarakan Workshop E-Learning dengan tema Meningkatkan Kualitas E-Learning Melalui Pembelajaran Berbasis Massive Open Online Courses (MOOC) mulai Kamis hingga Jumat (10-11/9). Workshop dilakukan secara daring maupun luring  selama dua hari dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ansofino, M.Si; Ir. Budi Raharjo, M.Sc.,Ph.D; Sri Imelwaty, M.Pd.,Ph.D; Anggri Yulio Pernanda, M.Kom dan Ami Anggraini Samudra, S.Pd.,M.Sc yang dipusatkan di Aula Gedung B STKIP PGRI Sumbar, Jl. Gunung Pangilun Padang. Workshop ini diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan dan dosen STKIP PGRI Sumbar.

Ketua STKIP PGRI Sumbar Zusmelia mengungkapkan STKIP PGRI Sumbar terus berkomitmen untuk peningkatan kualitas agar menjadi Perguruan Tinggi yang lebih baik dibanding Perguruan Tinggi lainnya. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan kemampuan SDM dalam proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19. "Kegiatan workshop kali ini merupakan momentum yang sangat tepat bagi dosen, agar dosen mampu mengembangkan proses pembelajaran daring yang menarik bagi mahasiswa. Mudah-mudahan pencerahan dan materi yang disampaikan narasumber, mampu mengembangkan kreativitas dosen untuk menciptakan proses pembelajaran yang menarik,"ungkapnya.

Wakil ketua bidang akademik STKIP PGRI Sumbar, Sri Imelwaty saat membuka kegiatan workshop menyampaikan, STKIP PGRI Sumbar tiada henti terus meningkatkan prestasi. Hal itu dibuktikan  dengan naiknya peringkat STKIP PGRI Sumbar di bidang kemahasiswaan dari Peringkat 97 kepada peringkat 87 Se- Indonesia. Di Bidang Penelitian STKIP PGRI Sumbar juga masih tetap mempertahankan prestasi pada Klaster Utama. Sudah sekitar dua tahun proses pembelajaran di STKIP PGRI Sumbar sudah menggunakan platfom e-learning. Diawal pandemi Covid-19 pembelajaran tatap muka diubah kedalam bentuk pembelajaran jarak jauh atau online. Secara menyeluruh semua dosen sudah dibiasakan menggunakan e-learning.

"Ini merupakan sebuah tantangan bagi seorang pendidik yang harus dijalankan untuk memajukan sebuah pendidikan. Sehingga adanya kegiatan ini pemanfaatan e learning lebih meningkat kualitasnya. Dengan adanya kebijakan pemerintah tentang Merdeka Belajar, STKIP PGRI Sumbar memiliki rencana agar setiap dosen memiliki course di sebuah platfom yang setiap orang bisa untuk mengaksesnya,"ujarnya. "Dosen yang sudah menyelesaikan Study S3 beserta tim teaching-nya di arahkan agar Mata Kuliah yang diampunya bisa diakses oleh mahasiswa dimana saja di indonesia. Ini juga dalam rangka kampus merdeka,"Tambahnya. Luaran kegiatan ini nantinya adalah STKIP PGRI Sumbar memiliki MOOC dengan Mata Kuliah dalam e-learning yg terstandar.

Budi Raharjo yang merupakan pembicara tamu dengan profesi sebagai dosen ITB, guru, entrepreneur, ahli security, serta musisi pada kegiatan ini menyampaikan materi tentang merancang pembelajaran dengan MOOC. Kelebihan dari mengajar daring adalah tidak perlu pergi ke kantor, bisa direkam untuk digunakan kemudian hari, berpakaian dapat santai, bisa dibuatkan lelucon. Sementara kekurangannya adalah teknologi masih terbatas, sulit melihat respon mahasiswa.

Budi menuturkan, agar mengajar daring tidak membosankan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, Inspirasi siswa agar  tertarik dengan apa yang disampaikan. Kedua, sampaikan materi bercerita agar siswa terinspirasi. Selanjutnya, supaya bisa memberi inspirasi, pengajar harus mencari inspirasi dulu sebelum mengajar. Kemudian jangan jadikan mengajar sekedar menggugurkan kewajiban, dan jangan menyampaikan persentasi terlalu lama. "Tak hanya itu, dalam mengajar daring, materi yang dipersentasikan dengan yang dibagikan pada siswa sebaiknya berbeda, fokus pada hal-hal yang menarik. Untuk hal-hal yang detail dapat dibuatkan tulisan atau videonya, dan perbanyaklah jam terbang," tukasnya.

Bagi peserta workshop yang terdaftar dapat mengikuti: presentasi narasumber, dan berdiskusi melalui teleconference. Sedangkan bagi peserta yang tidak terdaftar dapat mengikuti sesi workshop paparan narasumber melalui Aplikasi Zoom.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved