STKIP PGRI Sumatera Barat Gelar PKKMB secara Daring

Unakerhum: STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Live Streming Youtube yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu, tanggal 1 - 3 Oktober 2020 yang diikuti oleh sebanyak 844 orang Mahasiswa Baru. Kegiatan mengusung tema “Melalui PKKMB 2020, Siapkan Mahasiswa yang Mampu Mencerahkan dan Menginspirasi Anak Bangsa”. Kegiatan dibuka oleh Kepala LL Dikti Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) Prof. Dr. Herri, SE., M.BA.

Ketua Umum PB PGRI Ibu Prof. Unifah Rosyidi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih oleh STKIP PGRI Sumbar dalam bidang kemahasiswaan, bidang penelitian dan pada bidang penjaminan mutu. “ Pencapaian ini tidak mungkin bisa diraih tanpa kerja keras dan dukungan semua pimpinan dan semua pihak,” ucapnya. “Sepanjang kita memiliki kreatifitas dan selalu mendisiplinkan diri dalam cara berpikir dan bertindak baik soft skills maupun hard skills, maka keadaan yang kita alami sekarang pandemi covid-19 akan bisa kita hadapi,” ungkapnya. “Kepada Ananda semua diharapkan untuk dapat meresapi nilai nilai yang ada di kampus STKIP PGRI Sumbar yaitu nilai nilai yang mencerahkan dan menginspirasi, karena kalian adalah masa depan Indonesia,” tutupnya.  Dalam kesempatan yang sama, Ibu ketua umum juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni yang telah menghibahkan tanah sebesar 10 Ha guna pengembangan kampus STKIP PGRI Sumbar kedepannya.

Sementara itu, mengawali sambutannya Ketua STKIP PGRI Sumbar Zusmelia menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung kepada seluruh Mahasiswa Baru dikampus yang mencerahkan dan menginspirasi anak bangsa. “Terima kasih kepada orang tua yang sudah mempercayakan Ananda untuk berproses di kampus STKIP PGRI Sumbar untuk menjadi pendidik yang profesional,” ucapnya. Ia juga menyampaikan, dalam kurikulum baru yang berorientasi KKNI dan SNPT, STKIP PGRI Sumbar dituntut tidak hanya mencetak Pendidik yang profesional, namun kampus juga sudah menyiapkan kurikulum yang memberikan kesempatan kepada Mahasiswa agar mampu bersaing setelah menamatkan perkuliahan. Ia juga menambahkan, berkat dukungan semua pihak, mulai dari dukungan Ibu ketua umum PB PGRI Prof. Unifah Rosyidi beserta tim, PGRI Provinsi/kabupaten/kota se Sumbar, Pembina beserta pengurus BPH STKIP PGRI Sumbar, Jajaran pimpinan Institusi beserta pimpinan prodi dan unit selingkungan STKIP PGRI Sumbar , alhamdulillah dalam tujuh tahun terakhir STKIP PGRI Sumbar sudah berhasil dan sudah mampu menjadi Perguruan Tinggi yang dipercaya masyarakat dengan berbagai prestasi yang sudah diraih. “Pada bidang kemahasiswaan STKIP PGRI Sumbar raih peringkat 87 dari seluruh Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS se Indonesia. Pada bidang penelitian juga raih peringkat 80 dari 4200 lebih PTN/PTS se Indonesia,” ujarnya. “Prestasi ini tentu akan berdampak positif terhadap kualitas baik pada proses pembelajaran  maupun kualitas lulusan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, sebanyak 7 orang mahasiswa STKIP PGRI Sumbar tahun ini lulus untuk mengikuti Kredit Learning Internasional yang membolehkan mahasiswa untuk berproses dikampus Luar Negeri selama satu semester. “STKIP PGRI Sumbar satu-satunya Perguruan Tinggi yang diberi Kredit Learning terbanyak di Wilayah X untuk kuliah di luar negeri,” tegasnya. “ Saat ini Ibu ketua umum PB PGRI juga sedang berjuang untuk kita semuanya untuk merubah kampus STKIP PGRI Sumbar menjadi Universitas PGRI Sumatera Barat,” ungkapnya. “Mari wujudkan mimpi untuk berproses di STKIP PGRI Sumbar , jangan kecewakan orang tua dan diri sendiri, masa depan terbentang dihadapan kita, butuh kegigihan dan kerja keras,” tutupnya.

Pada awal pembukaan kegiatan ketua pelaksana yang juga sebagai wakil ketua III Jarudin menyampaikan kegiatan PKKMB kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilakukan secara online akibat dari Pandemi Covid-19. Ia menyampaikan, PKKMB  merupakan sebuah wahana untuk mengenalkan dan membekali para Mahasiswa Baru sehingga mereka memiliki gambaran dasar mengenai kampus dengan segala seluk beluknya sebelum akhirnya benar-benar terjun langsung dalam proses perkuliahan. Lebih lanjut Ia menyampaikan, PKKMB kali ini dilaksanakan selama tiga hari mulai Kamis hingga Sabtu (1-3/10) yang diikuti oleh sebanyak 844 Mahasiswa.

Untuk memotivasi para Mahasiswa Baru, STKIP PGRI Sumbar juga menyajikan sambutan dan ucapan selamat datang dari tokoh ternama, mulai dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Gubernur Provinsi Sumbar, Ketua PGRI Provinsi Sumbar Darmalis, Ketua Umum PB PGRI Ibu Prof. Unifah Rosyidi, Ketua BPLP PGRI Prof. Supardi, Ketua Pembina BPH STKIP PGRI Sumbar Dr. Dasrizal, dan sambutan Ketua BPH STKIP PGRI Sumbar Prof. Ansofino.

Kegiatan PKKMB ini juga dimeriahkan dengan pengenalan, mulai dari pengenalan pembina dan pengurus Badan Pelaksana Harian (BPH) STKIP PGRI Sumbar dan SMA PGRI 1, Pimpinan Institusi serta pengenalan pimpinan Program Studi dan Unit se Lingkungan STKIP PGRI Sumbar. Di sesi acara juga dilakukan pemberian kuis kepada para Mahasiswa Baru STKIP PGRI Sumbar.

Selanjutnya, acara PPKMB dihari pertama dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Sistem Pendidikan Tinggi di indonesia oleh Prof. Herri, Perguruan Tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan baru pasca pandemi (New Normal) oleh ketua STKIP PGRI Sumbar Zusmelia. Sedangkan untuk hari kedua dan hari ketiga diisi dengan sejumlah kegiatan dan pemberian materi yang kesemuanya sudah sesuai dengan pedoman PKKMB 2020 yang digariskan Kemendikbud. Adapun acara yang dimaksud antara lain: materi Pembinaan Kesadaran Bela Negara dari Danrem Wirabaraja; Kehidupan berbangsa dan bernegara oleh Kapolda Sumbar, Pembinaan gerakan nasional revolusi mental oleh Zainal Akil, S.Pd; PGRI dan Perjuangan guru oleh ketua PGRI Prov. Sumbar; Sistem Pelayanan keuangan oleh Wakil ketua II Liza Husnita, M.Pd; Pencegahan dan penanggulangan Intoleransi, radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, dan anti narkoba oleh Kapolsek Nanggalo; Kiat sukses belajar di perguruan tinggi oleh wakil ketua I Sri Imelwaty, Ph.D; serta Sosialisasi Visi dan Misi STKIP PGRI Sumbar, Core Value, dan Salam Guru Cerdas dan Peduli oleh Prof. Ansofino. Acara penutupan diisi dengan materi tentang organisasi kemahasiswaan oleh wakil ketua III jarudin dan diakhiri dengan pengenalan Organisasi Kemahasiswaan yang ada di selingkungan STKIP PGRI Sumbar.   

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved