Peringatan HARDIKNAS Di STKIP PGRI Sumatera Barat

Unakerhum: Kamis (2/5). STKIP PGRI Sumatera Barat menggelar Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019 di halaman kampus STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembina upacara pada kesempatan itu adalah ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Zusmelia. Sedangkan yang menjadi peserta upacara adalah pimpinan institusi, pimpinan prodi dan unit, dosen dan tenaga kependidikan, pengurus Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) dan Organisasi Kemahasiswaan (OK), serta Civitas Akademika STKIP PGRI Sumatera Barat.

"Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengangkat tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini yaitu mewujudkan “SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter”. Tema ini relevan untuk menghadapi kondisi dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat," terang Zusmelia saat menyampaikan pidato. Daya saing para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa terus dikembangkan melalui peningkatan literasi pada data, literasi pada teknologi dan literasi pada manusia atau human. Urusan kemanusian menjadi sangat penting dalam menghadapi kompleksitas era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Kemajuan teknologi menandakan majunya pendidikan dan ilmu pengetahuan yang tetap harus memartabatkan manusia dan mensejahterakan manusia dan bangsa Indonesia. 

Lebih lanjut, Ia mengajak untuk bersama-sama wujudkan  cita-cita luhur bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur melalui pendidikan tinggi yang berkualitas yang berorientasi pada pencetakan SDM yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter. “Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional dan terimakasih kepada pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, serta komunitas pendidikan tinggi di seluruh tanah air yang terus menerus berihtiar bersama-sama untuk memajukan pendidikan tinggi yang relevan, berkualitas dan terjangkau. Semoga segala upaya kita dalam memajukan" tambahnya. 

Pada kegiatan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019, STKIP PGRI Sumatera Barat juga mengumumkan dosen dan tenaga kependidikan berprestasi serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisaasi Kemahasiswaan (OK) Terbaik. Pemeringkatan dosen dan tenaga kependidikan dibagi pada dua kategori yaitu kategori Pemuncak Kinerja Dosen, dan kategori Pemuncak Tingkat Kepuasan Terhadap Dosen, dan Tenaga Kependidikan. 

Kegiatan ini jauh hari sudah dipersiapkan oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Jarudin beserta Kasubag Kemahasiswaan, dan Unit Penjaminan Mutu Intenal (UPjMI) STKIP PGRI Sumatera Barat.  Sementara pemeringkatan dosen dan tenaga berprestasi dilakukan oleh tim dari Unit Penjaminan Mutu Internal (UPjMI)  STKIP PGRI Sumatera Barat dibawah kepemimpinan Bapak Dr.  Ansofino, M.Si dan Ibu Dr.  Sri Hartati,  M. Pd. Pemeringkatan yang dilakukan oleh tim auditor UPjMI ini yaitu berdasarkan hasil penilaian audit kinerja dosen dan tingkat kepuasan terhadap dosen dan tenaga kependidikan STKIP PGRI Sumatera Barat yang juga sudah dilakukan jauh hari. Sementara, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Kemahasiswaan (OK) Terbaik pada tahun ini, peringkat satu diraih oleh UKM Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Peringkat dua UKM Seni, dan peringkat tiga diraih oleh UKM Resimen Mahasiswa (MENWA).

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Piala dan sertifikat kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan Berprestasi serta UKM Terbaik, dan ditutup dengan foto bersama.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved