LANTIK 366 LULUSAN PADA WISUDA KE-62: STKIP PGRI Sumbar Bertabur Prestasi dan Siap Berubah Bentuk Jadi Universitas

Unakerhum: STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) melantik sebanyak 366 orang lulusan dalam wisuda ke-62 dan Dies Natalis Ke-37 yang digelar di Gedung STKIP PGRI Convention Centre (SCC), Jl. Gajah Mada Dalam, Selasa (6/4). 

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) Prof. Dr. Herri, SE., MBA secara virtual menyampaikan bahwa STKIP PGRI Sumbar adalah kampus swasta di bawah naungan LLDIKTI Wilayah X yang didukung SDM dosen dan pengelola dengan perhatian besar terhadap bidang pendidikan. "Kontribusi para dosen dan seluruh civitas akademika dalam mengembangkan STKIP PGRI Sumbar bisa diketahui dari, kampus tersebut  saat ini telah tumbuh menjadi perguruan tinggi yang membanggakan di LLDIKTI Wilayah X. Kami mendukung STKIP PGRI Sumbar untuk segera berubah status menjadi universitas," terangnya. "Kita mengucapkan selamat atas banyak prestasi yang telah diraih, kita sama-sama berdoa mudah-mudahan proses perubahan status STKIP PGRI Sumbar bisa berjalan cepat," katanya.

Ketua Umum PB PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd yang hadir juga secara virtual dalam kegiatan ini menghimbau, pada wisudawan dan wisudawati  agar bisa menciptakan skill-skill baru yang bermanfaat di tengah masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan, dan mampu berdiri di kaki sendiri. Untuk civitas akademika di lingkungan STKIP PGRI Sumbar, ia berpesan agar menciptakan tata kelola  yang baik dalam pengelolaan kampus.

Ketua Pengurus Badan Pelaksana Harian (BPH) STKIP PGRI Sumbar dan SMA PGRI 1 Padang, Dr. Dasrizal, MP dalam sambutannya menyatakan, mendukung program Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat untuk berubah bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas PGRI Sumbar. "Demi menggapai itu semua, BPH mendukung pembangunan gedung perpustakaan, asrama serta gedung rektorat untuk melengkapi pembangunan di Kampus STKIP PGRI Sumbar," ungkapnya. "Bahkan kami memberikan bantuan dana studi lanjut S3, penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi dosen, serta reward bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa yang berprestasi," ucapnya.

Dasrizal menambahkan, saat ini BPH bersama pengurus PGRI provinsi Sumatera Barat juga telah berhasil mendapatkan hibah lahan kampus seluas 15 Ha di Tarok City dari Bupati kabupaten Padang Pariaman, dalam waktu dekat akan dibangun kampus baru STKIP PGRI Sumbar di lokasi tanah hibah tersebut. "Kami juga merasa senang dengan keluarnya SK penetapan PGRI sebagai Badan Penyelenggara STKIP PGRI Sumbar yang telah diserahkan LLDIKTI baru-baru ini," katanya.

Pada kesempatan ini Dasrizal menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang hari itu dilantik. "Melalui pelantikan ini berarti saudara telah menyelesaikan studi dan sekaligus berhak menyandang dan memakai gelar sarjana pendidikan, kami doakan semoga sukses dan selalu mendapat perlindungan Allah SWT," katanya. Sebagai LPTK, imbuh Dasrizal, pihaknya konsen melahirkan tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas. Tak ketinggalan Dasrizal juga berpesan kepada lulusan, jangan hanya terfokus menjadi PNS semata, namun ilmu yang ada diminta juga digunakan untuk bidang pekerjaan lain, sesuai dengan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki. "Kami pengurus BPH berkomitmen untuk memperhatikan segala hal yang menyangkut dengan kemajuan STKIP PGRI Sumatera Barat ke depannya. Baik dari segi sarana prasarana maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik dari segi sarana maupun peningkatan sumber daya manusia," ujarnya. 

 

Sementara itu, Ketua STKIP PGRI Sumbar, Prof. Dr. Ansofino, M.Si mengatakan, wisudawan dan wisudawati yang dilantik merupakan lulusan sarjana pendidikan yang berasal dari sembilan program studi. Tercatat, kampus ini sudah mewisuda sebanyak 22.409 orang yang tersebar di penjuru tanah air dan dunia. "Seluruh wisudawan dibekali Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Berisikan kemampuan atau keahlian khusus yang dimiliki wisudawan. Tujuannya mempermudah lulusan di dunia usaha ataupun industri," ujar Ansofino.

Ansofino menambahkan, pihaknya bersama civitas akademi lainnya berkomitmen menjadikan STKIP PGRI sebagai Perguruan Tinggi (PT) unggul dibidang Keguruan dan ilmu pendidikan yang kompetitif di Wilayah Sumatera Tahun 2026. "Untuk menjadikan STKIP PGRI Sumbar menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul, kami juga terus berbenah untuk menjadi lebih baik," kata Ansofino yang mendapat dukungan penuh dari BPH. 

Terkait prestasi, ia menuturkan, memasuki tahun ajaran Genap 2020/2021 STKIP PGRI Sumbar berhasil meraih prestasi membanggakan. Sebanyak, 211 orang mahasiswa dan 42 orang dosen lolos dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 tahun 2021.  Kemudian STKIP PGRI Sumbar meraih peringkat 1 se-LL Dikti Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) dalam Program Kampus Mengajar. Sementara untuk Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia, STKIP PGRI Sumbar menduduki Peringkat ke-14. Semua dosen tetap telah berkualifikasi minimal S2. "Saat ini kita telah memiliki dosen tetap sebanyak 247 orang, 1 orang diantaranya sudah memperoleh gelar profesor (guru besar), 25 orang diantaranya sudah berkualifikasi Doktor (S3) dan saat ini sebanyak 34 orang dosen sedang studi lanjut program Doktor (S3)," katanya.

Tak hanya itu, saat ini sebanyak 223 orang  dosen tetap kita sudah memiliki Sertifikasi Pendidik (Sudah lulus sertifikasi dosen). Disebut Ansofino, ini merupakan bukti semangat mahasiswa dan dosen untuk membantu mencerdaskan anak-anak bangsa sesuai dengan motto kampus Mencerdaskan dan Menginspirasi Anak Bangsa.

Prosesi wisuda juga diisi dengan penyampaian orasi ilmiah tentang  Membangun Budaya Literasi melalui Model Lanskap Linguistik Kritis oleh Dr. Yendra, S.S, M.Hum. Kegiatan turut diikuti oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, SE., MBA, Ketua Umum PB PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi M.Pd, Ketua PGRI Provinsi Sumbar Drs. Darmalis, M.Pd beserta pengurus, ketua PGRI Kabupaten/kota se- Sumbar, Ketua Pengurus BPH STKIP PGRI Sumbar dan SMA PGRI 1 Padang Dr. Dasrizal, MP beserta anggota, segenap pimpinan STKIP PGRI Sumbar, anggota senat, Bank Mitra serta tamu undangan lainnya.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved